TRENSEHAT.ID – Awalnya bernama gerai Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) binaan Dompet Duafa. Tapi sejak berada di bawah manajemen DD Healthcare, gerai tersebut berganti nama menjadi DD Klinik Aceh, dengan penyempurnaan tata kelola manajemen dan pelayanan yang lebih baik.
DD Klinik Aceh memang bukan satu-satunya Klinik Pratama di Kota Banda Aceh, tapi boleh dibilang jadi yang terbaik di Ibu Kota Serambi Mekkah itu. Berlokasi di Jl. Teuku Imuem No.61 C, Lamseupeung, Kecamatan Lueng Bata, Kota Banda Aceh, klinik tersebut termasuk yang paling ramai dikunjungi pasien.
Dimasinisi oleh dr. Zahra, sejak 2020 silam DD Klinik Aceh menguatkan komitmen layanannya. Dipandu manajemen pusat, prinsip profesionalisme dan berorientasi pada pasien jadi landasan pencapaian prestasi.
Saat ini DD Klinik Aceh terus berupaya melengkapi layanan kesehatannya. Poli layanan kesehatan umum, khitan atau sirkumsisi, kebidanan serta poli kesehatan ibu dan anak merupakan layanan kesehatan yang sudah tersedia.
Berbeda dengan kebanyakan Klinik Pratama, DD Klinik Aceh bahkan dilengkapi dengan layanan kesehatan mulut dan gigi. Layanan ini jarang tersedia mengingat investasinya yang lumayan besar.
Belakangan DD Klinik Aceh memetakan kembali rencana layanan kesehatannya. Sebut saja optimalisasi layanan vaksinasi dan imunisasi, serta rencana penyediaan layanan kunjungan ke rumah atau homecare.
Lazimnya klinik yang berjejaring di bawah manajemen DD Healthcare, DD Klinik Aceh juga mengadopsi empat nilai pokok dalam memberikan layanan Kesehatan, yaitu:
1. Keramahan Layanan atau Hospitality
Mutlak hukumnya bagi seluruh awak DD Klinik Aceh untuk mengimani nilai ini. Keramahan wajib diberikan tanpa membedakan strata sosial, ekonomi, suku, atau agama.
2. Diagnosa Paripurna
Setiap pasien yang berkunjung berhak memperoleh informasi paripurna perihal gangguan Kesehatan yang dialaminya. Selain kemampuan mendiagnosa, kepiawaian komunikasi dengan pasien juga jadi kunci utama.
3. Komunikatif, Informatif, dan Edukatif
Seringkali kenyamanan pasien bermula dari terjalinnya komunikasi yang harmonis. Dengan begitu, berbagai muatan tentang informasi dan edukasi kesehatan relatif lebih mudah tersampaikan.
4. Pantauan Pasca Pemeriksaan
Guna memberikan layanan yang paripurna, pantauan pasca diagnose atau pemeriksaan menjadi langkah penuntas. Sekurangnya tiga hari setelah kunjungan klinik, perkembangan kesehatan pasien wajib dipantau melalui komunikasi telepon.
Selain empat nilai pokok dalam memberikan layanan, DD Klinik Aceh merasa belum menjadi klinik kesehatan yang terintegrasi jika tidak berjejaring dengan BPJS Kesehatan.
Oleh karena itu, sejak awal DD Klinik Aceh menjalin kerjasama dengan pengampu sistem kesehatan dan penyedia asuransi swasta.
Sejalan dengan visi dan misi DD Healthcare sebagai induk manajemennya, DD Klinik Aceh juga mengedepankan kegiatan-kegiatan bermuatan sosial kemanusiaan. Tidak melulu soal komersial.
Pemeriksaan kesehatan cuma-cuma dan sunatan massal selalu menjadi agenda tahunan DD Klinik Aceh.
Direktur Utama DD Healthcare, Dr. Rosita Rivai, MM menuturkan bahwa selain dua program sosial tersebut, saat ini sedang direncanakan program sosial lain yang tidak kalah bernilai.
Tak heran jika selama ini DD Klinik Aceh selalu mendapatkan tempat di hati masyarakat. Sejatinya mereka memang selalu mendambakan layanan kesehatan yang baik dan nyaman. (*)
- Alamat: Jl. Teuku Imuem No.61 C, Lamseupeung, Kec. Lueng Bata, Kota Banda Aceh, Aceh 23127
- Jam Operasional: 08.00-17.00 WIB
- Telepon: 0811-6835-386